Please enable JavaScript to access this page.

SHODAQOH MEMANG AJAIB

PENGALAMAN PELAKU SHODAQOH

JUDUL ASLI ; MIN AJAIBISH SHODAQOH”
PENERBIT ; DARUL QOSIM
HAL ;126 LEMBAR

PENULIS
KHOLID BIN SULAIMAN AR-ROB’I
Sesunggunya shodaqoh mempunyai pengaruh yang baik dan kesudahan yang bagus bagi individu maupun masyarakat. Karena shodaqoh bisa membuat pelakunya merasa senang, bahagia dan lapang dan membuat bahagia bagi penerimanya, dalam buku yang ditulis oleh Kholid bin Sulaiman Ar-Rob’I ditulis dengan dasar-dasar yang ada di Al-Qur’an dan Hadist-hadist yang berkaitan dengan shodaqoh dan beberapa komentar ulama tentang shodaqoh sehingga sangat kuat hujjah tentang shodaqoh.

A. Ayat-ayat tentang shodaqoh

1. Alloh berfirman dalam dalam Al-Baqoroh [2] : 245

2. Alloh berfirman dalam Al-Baqoroh [2] : 261-263

3. Alloh berfirman dalam Al-Baqoroh [2] : 271-272
yang artinya “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Dilanjutkan dalam Ayat 272 “Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan)”.

4. Al-Imron [3] : 133-134, Saba’[34] : 39, Al-Hadid [57] : 11, Al-Hadid [57] : 18, At-Taghobun [64] : 16-17 dan Al-Muzzammil [73] : 20.

B. Hadist-hadist tentang Shodaqoh
a. Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a., ia berkata : seseorang datang menemuai Rosululloh S.A.W dan bertanya, “ Wahai Rosululloh, shodaqoh yang bagaimanakah yang paling besar pahalanya?” Beliau bersabda:

“Engkau bershodaqoh dalam keadaan sehat, amat membutuhkannya, khawatir miskin, dan beragan-angan menjadi orang kaya. Janganlah menunda-nunda (shodaqoh) sehingga jika ajal telah sampai ke kerongkongan engkau berkata, “Untuk si fulan sekian, untuk si fulan sekian.”padahal memang harta ini untuk si fulan.”

b. Diriwayatkan dari Hudzaifah, ia berkata, “kami bertanya bersama ‘Umar r.a. kemudian ia bertanya,’Adakah di antara kalian yang hafal hadist Rosululloh tentang fitnah sebagaimana yang telah beliau sampaikan?’ Aku menjawab, ‘Saya.’ ‘Umar r.a. berkata, ‘Sesungguhnya engkau adalah seorang pemberani. Bagaimanakah bunyi sabda beliu? Maka aku berkata,’Aku mendengar Rosululloh bersabda;

“Fitnah yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak, dan tetangganya bisa dihapus dengan shiyam (puasa), shodaqoh, dan amal makruf nahi mungkar”.

c. Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a , ia berkata,”Rosululloh SAW bersabda:
“Barang siapa bershodaqoh senilai satu biji kurma yang berasal dari mata pencaharian yang baik dan Alloh tidak akan menerima kecuali yang baik, maka sesungguhnya Alloh akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya, kemudian dipelihara untuk pemiliknya sebagai mana seseorang di antara kalian memelihara anak kuda, sehingga menjadi (besar) seperti gunung”.

d. Diriwayatkan dari Abu Umamah r.a, ia berkata, “Rosululloh SAW bersabda:
“ Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau mendermakan kelebihan hartamu, maka itu lebih baik bagimu. Namun jika engkau menahannya, maka itu sangat buruk bagimu. Dan janganlah engkau mencela orang yang meminta-minta. Mulailah pemberian dari yang berada di bawah tanggunganmu. Karena tangan yang diatas itu lebih baik daripada tangan yang dibawah.”
Dan ada 47 hadist lainnya.

C. Komentar Para Ulama Tentang Shodaqoh
Imam Ibnul Qoyyim mengatakan,”Sesungguhnya shodaqoh bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir(pendosa),zholim, atau bahkan orang kafir, karena Alloh akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan shodaqoh tersebut. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi umat manusia, baik yang berpendidikan maupun orang yang masih awam. Seluruh penduduk muka bumi sepakat tentang hal ini karena mereka telah mencobanya.

Hukum –hukum shodaqoh;
1. harta yg dishodaqohkan hendaknya harta yang baik dan diperoleh dengan cara yang baik pula. Dampak pertama yang diharapkan muncul pada poin ini adalah membiasakan seseorang agar mencari rezeki dengan cara yang halal dan memakan makanan yang halal.

2. hendaknya yang bershodaqoh adalah orang yang kaya, karena tidak selayaknya manusia menshodaqohkan harta yang masih ia butuhkan,s ehingga hal ini tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi dirinya. Yang disebut kaya ada dua macam; Kaya secara materi dan Kaya secara maknawi.

3. orang yang berhak menerima shodaqoh tidak ada batasan dan rinciannya. Shodaqoh boleh diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat. Karena shodaqoh itu hukumnya sunnah dan ke mana pun diberikan, maka sah-sah saja. Orang yang berhak dishodaqohi cakupannya lebih luas daripada orang yang berhak berhak menerima zakat

D. KISAH ORANG-ORANG YANG BERSHODAQOH
Para sahabat dalam memahami sebuah keyakinan sangat baik sekali, dari abu Mas’ud Al-Anshori, ia berkata “ Apabila Rosululloh S.A.W memerintahkan kepada kami untuk bershodaqoh, maka berangkatlah salah seorang di antara kami ke pasar, lalu bekerja dengan kerasnya, sehingga mendapatkan upah satu mud (sekitar 54,3 gram). Sementara sebagian yang lain, pada hari itu juga ada yang mendapatkan upah seratus ribu. Abu Mas’ud melanjutkan, kami tidak melihatnya kecuali Adz Dzahabi berkata, Abu Umamah memiliki karomah yang menakjubkan, sehingga justru membuatnya gelisah, yaitu karomah-karomah yang bisa membuat orang menyombongkan dirinya, yakni pernah ia bershodaqoh dengan uang sejumlah tiga dinar, kemudian ia menemukan uang dibawah sepedanya sejumlah tiga ratus dinar.

Buku tentang Shodaqoh karangan Kholid Bin Sulaiman Ar-Rab’I mencoba membeda tentang bagaimana gambaran shodaqoh yang dijelaskan atas dasar untuk bershodaqoh dengan dalil yang bersumber dari Al-Quran dan ditambah dengan hadist-hadist yang dapat dipertanggung jawabkan dari perawinya, komentar ulama tentang shodaqoh dan cerita-cerita tentang manfaat shodaqoh menjadikan pas sekali buku ini untuk dibaca.

http://akhmed123.blog.friendster.com/2007/07/shodaqoh-memang-ajaib/

0 komentar:

 
Template by: Abdul Munir | Blog Layout4all