Please enable JavaScript to access this page.

Memuaskan pengunjung Blog


Ada berbagai anggapan bahwa sebuah blog akan layak dikunjungi bila blog itu menarik. Tetapi yang namanya menarik adalah suatu penilaian yang subjektif. Dimana sesuatu yang menurut orang lain menarik, belum tentu menarik untuk kita.
Beberapa orang mungkin akan tertarik dengan blog yang isinya berupa topik-topik unik. Namun ada pula yang mengatakan bahwa personal blog atau bisa disebut blog diary itu lebih menarik. Karena dengan alasan topik-topiknya selalu baru. Suatu hal yang masuk akal memang...

Tetapi menurut saya apapun jenis blog itu, katika blog itu selalu terupdate dengan baik oleh pemiliknya, ituilah yang terbaik!!. Dibandingkan dengan sebuah blog yang tampilannya sangat menarik denang segala fasilitasnya. Tapi pemiliknya tidak mengupdat secara rutin blognya...
Dengan terupdatenya sebuah blog secara teratur itu menandakan bertanggungjawabnya pemilik blog terhadap blognya. Apapun isinya baik itu pengalaman pribadi. Artikel pendek, bahkan hanya beberapa kalimat saja. Asalkan ia rutin mengupdatenya, itu akan lebih baik dari pada blog yang tidak pernah di update.

Meskipun pada kenyataannya sebuah blog dengan desain menarik, akan lebih banyak mempengaruhui pengunjung yang datang, dan menjadikannya betah berlama-lama di blog tersebut. Tapi apakah para pengunjung akan terpuaskan dengan hanya menyaksikan keunikan, keindahan, serta kelengkapan fitur yang ada?. Sebagai seorang pengunjung blog, pastilah akan selalu berfikir "manfaat apa yang bisa saya ambil dari blog ini?". Mungkin dari segi disain kita bisa mengambil contoh dari situ. Tapi dari segi artikel itu sendiri....
Apakah bisa memberikan manfaat bagi pengunjung?

Kunci dari itu semua adalah proporsional, artinya tidak terlalu ramai dengan fitur -fitur yang sebenarnya tidak di perlukan. Tapi tidak pula terlalu miskin fitur atau fasilitas. Karena blog yang terkesan Garing oleh pengunjung. Akan sangat jelas tidak akan membuatnya berlama-lama di sana. Dan bahkan tidak akan pernah kembali.
Kemudian yang tidak kalah pentingnya dari sebuah blog adalah sebuah fitur komentar. Selain sebagai sarana mempromosikan diri. Sebuah fitur komentar juga bisa dijadikan sebagai suatu alat yang sifatnya "simbiosis mutualisme" (saling menguntungkan). Seperti halnya dalam kehidupan nyata, antara pengunjung dan pemilik blog juga memerlukan hubungan timbal balik.

Dengan adanya apresiasi atau komentar dari pembaca terhadap isi blog. Pemilik blog akan bisa melacak alamat blog si pemberi komentar. Yang pada akhirnya kedua belah pihak akan saling mengenal. Dan terjadilah suatu hubungan timbal balik.

Kriteria layak atau tidaknya suatu blog untuk dikunjungi. Mungkin akan lain untuk setiap orangnya. Karena ada banyak sekali aksesoris yang ada dalam dunia blogging.
Tetapi yang pasti semakin besar manfaat aksesoris atau layanan yang diberikan oleh suatu blog, tentu akan semakin besar pula pengunjung yang datang.

Sekarang bagaimana dengan blog anda, Apakan sudah menjadikanya sebagai sebuah blog yang layak untuk dikunjungi???
Sudahkah menjadikan blog itu tempat yang nyaman bagi para pengunjung untuk berlama-lama??

0 komentar:

 
Template by: Abdul Munir | Blog Layout4all